Watch Dogs Akan Usung NPC Realistis
Sebuah game open world memang menawarkan daya tarik tersendiri jika kita membicarakan kebebasan dan segudang hal yang bisa kita lakukan di dalamnya. Namun untuk urusan AI di setiap NPC yang ada? Genre ini bukan yang terbaik. Dengan segudang NPC yang hilir mudik untuk meninggalkan kesan sebuah dunia yang hidup, sebagian besar AI yang disuntikkan memang hanya punya dua tugas utama: berjalan di sisi yang sudah disediakan dan melawan balik jika diserang. Namun dengan perkembangan teknologi yang ada, ia mulai menjadi fokus pengembangan, setidaknya untuk merepresentasikan sebuah dunia yang lebih realistis. Inilah tujuan utama dari sang seri teranyar Ubisoft – Watch Dogs.
Ubisoft sendiri sengaja membangun engine baru – Disrupt untuk memfasilitasi semua kebutuhan untuk menciptakan sensasi game open world unik yang luar biasa. Tidak hanya berfokus untuk menciptakan kota Chicago sebagai setting utama yang mendetail dan luas, Ubisoft tampaknya bertekad untuk menciptakan atmosfer yang lebih realistis. Sang creative director – Jonathan Morin meletakkan tanggung jawab tersebut pada NPC yang akan tersebar di sepanjang permainan ini. Morin menyakinkan bahwa NPC di Watch Dogs tidak akan terasa seperti robot yang hanya berjalan di sisi jalan, tetapi jauh lebih hidup. Teknologi next-gen memungkinkan Ubisoft untuk memberikan “hidup” bagi para karakter sampingan ini.
Tidak hanya menjalani kehidupannya sehari-hari, Morin juga ingin meninggalkan kesan bahwa aksi yang dilakukan oleh Aiden Pearce akan memiliki konsekuensi langsung terhadap kehidupan para NPC ini. Hal inilah yang ingin dikejar oleh Ubisoft, bahwa gamer merasa mereka juga ikut hidup dalam dinamika kota Chicago ala Watch Dogs ini. Jika kesan ini yang ingin mereka tampilkan di platform next-gen dan PC, bagaimana dengan konsol lebih lawas sekelas Xbox 360 dan Playstation 3 yang juga akan mendapatkan game yang satu ini? Sayangnya harus ada yang dikorbankan.
Ubisoft sendiri sudah mengkonfirmasikan bahwa kedua konsol ini akan mendapatkan NPC yang lebih sedikit dalam satu layar, sehingga atmosfer kota yang ramai otomatis tidak bisa dihadirkan.
NPC yang menjalani hidupnya sehari-hari? Apakah formula seperti ini akan berhasil menghasilkan pengalaman Watch Dogs yang lebih realistis secara signifikan? Kita tunggu saja.